Ingin Merayakan Lebaran Bersama Keluarga di Kampung Halaman ? Persiapkan Hal Hal Berikut Ini

By | March 20, 2021

Setahun sudah pandemi terjadi di negeri ini, akan tetapi sampai kini belum juga usai. Meski sudah ada berbagai upaya untuk menghentikan persebaran virus termasuk dengan vaksinasi akan tetapi jumlah orang yang terkena masih terus bertambah tiap hari.

Belum usainya pandemi ini tentunya juga akan mempengaruhi banyak hal di kehidupan masyarakat. Salah satu contohnya efek pandemi yang mungkin dirasakan banyak orang adalah adanya larangan mudik lebaran pada tahun 2020 yang lalu. 

Akan tetapi untuk Idul Fitri 2021 ini pemerintah melalui menteri perhubungan sudah menyampaikan bahwa tidak ada larangan untuk melakukan mudik ke kampung halaman. Tentunya dengan tetap mematuhi anjuran atau ketentuan yang telah dikeluarkan pemerintah.

Berbeda dengan mudik di masa normal persiapan mudik di era pandemi ini tentu harus kita lakukan dengan lebih hati hati. Hal ini agar kegiatan mudik yang kita lakukan tak merugikan kita atau orang orang di sekitar kita.

Beberapa hal di bawah berikut ini bisa anda terapkan agar anda bisa mudik dengan nyaman dan aman serta bisa merayakan hari raya Idul Fitri 2021 dengan keluarga di kampung halaman masing masing. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Atur Waktu Mudik

Merencanakan waktu kapan kita akan mudik merupakan hal yang sangat penting untuk kita lakukan. Jika memungkinkan ada baiknya kita mudik tidak terlalu mepet waktunya dengan lebaran karena biasanya saat saat tersebut adalah puncak mudik yang sangat padat. Dengan mengatur kapan kita mudik berarti kita juga merencanakan kapan akan membeli tiket mudik.

2. Pahami dan Patuhi Aturan yang Ada

Karena mudik tahun ini masih dalam suasana pandemi tentunya pemerintah akan mengeluarkan sejumlah aturan yang terkait dengan kegiatan mudik ini. Akan ada syarat syarat tertentu yang diatur pemerintah agar seseorang diperbolehkan mudik misalnya saja harus melampirkan hasil test yang menyatakan bahwa dia bebas covid. Karena itu sebelum melakukan mudik sangat penting bagi kita untuk benar benar paham dan patuh untuk memenuhi syarat syarat yang ditetapkan pemerintah. Toh hal tersebut juga untuk kepentingan kesehatan kita sendiri.

3. Gunakan Sarana Transportasi yang Aman

Hal selanjutnya yang juga perlu kita persiapkan adalah soal sarana transportasi yang akan kita pakai untuk menuju kampung halaman. Pastikan memilih sarana transportasi yang aman. Bahkan jika memungkinkan kita bisa membawa kendaraan sendiri sehingga bisa meminimalisir kontak dengan orang lain. Namun jika tak memungkinkan maka kita bisa memilih kendaraan umum yang memiliki standar keselamatan bagus termasuk juga dalam menghadapi covid ini.

4. Lakukan Pemesanan Tiket Secara Online

Kerumunan massa merupakan salah satu tempat yang berpotensi terjadi penularan virus covid 19. Oleh karena itu sangat perlu bagi kita untuk menghindari kerumunan termasuk juga ketika akan membeli tiket mudik. Seperti yang kita ketahui bersama saat menjelang lebaran loket penjualan tiket baik itu bus, kereta api, maupun yang lainnya umumnya cukup padat dan tentunya sangat beresiko jika kita ikut membeli di sana. Dan membeli tiket secara online bisa jadi merupakan solusi yang tepat untuk hal tersebut. Kita bisa dengan leluasa memesan tiket bus, kereta api ataupun pesawat lewat aplikasi booking tiket online seperti traveloka misalnya.

5.Siapkan Barang Barang yang Perlu Dibawa

Agar tidak kerepotan selama dalam perjalanan ada baiknya mempersiapkan barang barang yang memang diperlukan selama mudik  seperti pakaian, bekal makanan dan lain sebagainya. Selain itu karena masih dalam suasana pandemi kita juga perlu membawa masker, handsanitizer dan jika dirasa perlu kita juga bisa membawa face shield. Pastikan catat dan tata barang barang keperluan yang akan dibawa tersebut sehingga tidak ada yang ketinggalan.

6. Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Upaya lain yang bisa kita lakukan saat mudik demi mengurangi persebaran virus adalah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Misalnya dengan menerapkan 3M (menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *