Ingin Menggunakan Panel Surya? Ketahui Hal ini Terlebih Dahulu

By | July 20, 2020

Energi sudah menjadi ketergantungan manusia dalam menunjang kehidupannya sehari-hari. Termasuk kebutuhan akan listrik. Penggunaan listrik yang selalu meningkat menyebabkan polusi udara. Pasalnya bahan bakar yang digunakan pada pembangkit listriknya berasal dari minyak bumi atau batubara.

Selain permasalahan pencemaran lingkungan akibat pembakaran batubara pada pembangkit listrik, juga berkaitan dengan sumber batubara yang kian menipis serta aktivitas penambangannya yang diklaim merusak alam. Untuk itu, akhir-akhir ini gencar dicanangkan penggunaan energi terbarukan.

Salah satu bentuk energi terbarukan yang bisa menyuplai kebutuhan listrik Anda adalah panel surya. Namun, disamping keistimewaannya yang lebih ramah lingkungan, sebelum melakukan pemasangan, tidak ada salahnya untuk melakukan pertimbangan.

1. Sumber tenaga yang cukup konsisten

Sumber tenaga utama dari panel surya adalah sinar matahari. Namun matahari tidak bersinar 24 jam. Apalagi kalau sedang mendung. Selain itu posisi atap properti Anda juga mempengaruhi penyinaran. Oleh sebab itu, pastikan jika posisi atap yang gedung yang Anda miliki sudah baik untuk penyinaran.

2. Biaya pemasangan cukup besar

Teknologi yang diklaim ramah lingkungan biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar. Hal ini biasanya menjadi pertimbangan utama yang membuat perusahaan menggunakan panel surya. Namun jangan salah, setelah biaya pemasangan besar, tentu saja biaya operasional Anda akan lebih kecil

3. Perawatan

Memiliki tenaga listrik sendiri, berarti harus siap melakukan perbaikan jika sewaktu-waktu terdapat kerusakan pada sistemnya. Kebersihan panel surya harus diperhatikan. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan jasa perawatan panel surya.

Salah satu rekomendasi jasa pemasangan panel surya adaah Sewatama. Anda bisa mencari informasi lebih lanjut di https://sewatama.com/id/perusahaan-penyedia-panel-surya/.

Sewatama sudah berpengalaman lebih dari 22 tahun dalam pengadaan energi dan Anda bisa menikmati layanan pra hingga pasca pemasangan panel. Jika sudah yakin, segera datangi Sewatama depo location langsung yang berkantor pusat di Gedung TMT 2 Lantai 1, Jalan Cilandak KKO 1 Jakarta Selatan 12560, atau Anda bisa menghubungi CS di 021 – 2997 6712 untuk direkomendasikan depo Sewatama terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *