Pastikan Hal ini Sebelum Lakukan Proses Perhitungan dengan Payroll Software

By | September 22, 2020

Proses payroll menggunakan software sepertinya menjadi keharusan terlebih saat ini industri sudah memasuki era serba internet atau internet of things.

Dengan era internet of things, pelaku usaha dituntut untuk bekerja dengan cepat karena persaingan dan kondisi pasar yang semakin tidak pasti dan berkembang dengan cepat.

Apalagi di masa pandemi, perusahaan juga mau-tidak-mau harus melakukan segala proses bisnisnya secara remote karena aturan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Dengan adanya software payroll, Anda bisa melakukan perhitungan gaji secara remote dan otomatis sehingga membantu Anda lebih fokus pada hal-hal yang bersifat strategis pada proses bisnis.

Sebelum memilih software payroll, Anda perlu memperhatikan hal berikut agar penggunaannya bisa sesuai dengan kebutuhan dan tidak berdampak sebaliknya atau merugikan.

Pastikan Memiliki Sistem Komputasi Cloud

Poin pertama adalah bagian terpenting yang harus dimiliki oleh software payroll. Sistem komputasi cloud membuat perhitungan gaji dapat dilakukan secara remote karena penggunanya dapat mengakses dan memasukkan data tanpa batasan waktu dan tempat.

Selain itu, dengan sistem komputasi cloud, Anda bisa melakukan konsolidasi data dengan mudah. Contohnya dalam pencocokkan data gaji karyawan kantor cabang dan juga kantor pusat.

Sistem cloud secara otomatis akan mengolah data tersebut tanpa harus melakukan konsolidasi manual yang memakan waktu lama.

Dengan adanya sistem cloud juga bisa menjamin keamanan data karyawan karena pemrosesan dilakukan secara real-time. Sehingga sangat kecil kemungkinan karyawan atau pihak manapun memanipulasi data pada sistem komputasi cloud.

Sistem Cloud Memungkinkan Employee Self-Service

Employee Self-Service adalah layanan mandiri yang diselenggarakan karyawan dengan software payroll yang memudahkan karyawan untuk mengakses data karyawan dan melakukan aktivitas kekaryawanan seperti absensi online, pengajuan cuti, pengajuan perubahan jadwal shift dan juga slip gaji.
Employee self-service biasanya berbentuk aplikasi pada smartphone. Sehingga karyawan bisa melakukan absensi secara online, mengajukan cuti, dan juga menerima slip gaji langsung melalui smartphone.
Employee Self-Service atau layanan mandiri karyawan memungkinkan perusahaan untuk menerapkan remote working

Mampu Menghitung Pajak dan Potongan Lainnya

Perlu diingat bahwa perhitungan gaji tidak hanya berdasarkan jabatan atau kesepakatan di dalam kontrak. Namun, ada elemen yang bisa mempengaruhi besaran gaji yang didapat karyawan yaitu salah satunya adalah potongan pajak.

Perhitungan pajak yang kompleks seringkali membuat perusahaan mengabaikan pajak pada perhitungan gaji. Padahal jika diabaikan, hal tersebut bisa merugikan perusahaan bahkan karyawan sendiri.
Salah satu perhitungan pajak yang cukup menyulitkan perusahaan adalah perhitungan PPh 21 (Pajak Penghasilan pasal 21) yang di dalamnya terdapat banyak rumus perhitungan sesuai penghasilan atau beban personal karyawan.

Misalnya saja perhitungan pajak karyawan A dan karyawan B boleh jadi berbeda karena keduanya menerima gaji kotor berbeda dan juga memiliki beban yang berbeda pula.

Selain gaji kotor ada elemen penghasilan tidak rutin, Iuran BPJS, THR, kategori perhitungan tidak kena pajak dan juga metode perhitungannya.

Tidak hanya tentang perpajakan, software payroll Indonesia juga harus mampu menghitung elemen lainnya dari gaji misalnya saja potongan dari cuti tak dibayar, kompensasi, dan juga cicilan yang diberikan oleh perusahaan secara otomatis.

Dengan software payroll, Anda bisa menghitung pajak penghasilan beserta rumusannya dengan mudah dan otomatis.

Pilih Sesuai dengan Kebutuhan Bisnis

Terakhir, pastikan Anda memilih layanan software payroll yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Ada dua jenis layanan software payroll saat ini yaitu Software as a Service (SaaS) dan juga On-Premise.
Perbedaan keduanya terletak dari siapa yang mengelola data. Pada SaaS, data dan sistem dikelola dan disediakan oleh vendor, Anda hanya tinggal menggunakannya software tersebut. Sedangkan on-premise, data dan sistem dikelola secara mandiri.

Oleh karena itu, layanan SaaS adalah pilihan terbaik karena tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk pembangunan infrastruktur, tenaga IT, dan juga penyewaan alat.
Layanan SaaS juga bagus bagi Anda yang baru mulai merintis usaha dan membutuhkan sistem payroll otomatis dan terintegrasi.

Software as a Service HR Terbaik

Salah satu Software as a Service HR dan payroll terbaik di Indonesia adalah Talenta. Software Talenta mendukung seluruh kebutuhan aktivitas penggajian karyawan mulai dari personalisasi data, layanan employee self-service, hingga proses pembayaran gaji.
Talenta juga sesuai digunakan oleh berbagai jenis bisnis mulai dari retail hingga hospitality. Software payroll Talenta juga sudah tersertifikasi ISO 27001 dan terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia sehingga keamanan data perusahaan dapat dipertanggung-jawabkan.
Ketahui lebih lanjut tentang Talenta dan konsultasikan masalah HR dan payroll bisnis Anda bersama kami dengan mengakses free demo di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *