Meski Jadul, 7 Konsol Game Ini Punya Penjualan Terbaik pada Masanya

By | August 5, 2020


Sumber : liputan6.com

Sebelum munculnya game mobile yang kini berkuasa, pada masanya konsol pernah menjadi rajanya dunia game lho. Dulu memiliki sebuah konsol adalah kebanggaan tersendiri dan sekarang ini konsol sudah mulai tergeser serta kalah populer dengan game mobile. Meski begitu, saat itu para produsen konsol berhasil memiliki catatan rekor dalam penjualannya yang sangat fantastis.

Penasaran apa saja dan berapa banyak unit yang terjual? Check this out!

1. Wii U


Sumber : engadget.com

Yang pertama ada konsol game Wii U. Wii U merupakan konsol tergolong paling muda karena diciptakan pada 18 November 2012. Harga jual dari konsol game Wii U ini berkisar Rp 4 jutaan. Di dalam konsol game Wii U ini tertanam sebuah CPU Espresso berkekuatan 1.24GHz, RAM berkapasitas 2GB DDR3 dan juga VGA atau GPU Latte berkapasitas 550MHz. Produk ini terjual hingga 13,5 juta unit lho.

2. GameCube


Sumber : venturebeat.com

GameCube juga tak kalah sukses dalam hal penjualannya dengan Wii U. GameCube ini berhasil terjual sebanyak 21,7 juta unit. Punya dimensi 5,9×6,3×4,3 inci GameCube tersedia dalam dua pilihan warna yaitu hitam dan ungu. Dapur pacu yang dipakai GameCube ini ada CPU IBM PowerPC Gekko, RAM berkapasitas 43MB serta VGAnya yang menggunakan ATI Flipper berkecepatan 162MHz. Resolusi dari game konsol ini 640x480p.

3. Xbox


Sumber : mainmain.id

Di tahun 2001 Microsoft memulai debutnya dan langsung berhasil menarik banyak perhatian. Gimana tidak, konsol game buatan Microsoft yang bernama Xbox ini hadir dengan prosesor hibrida Intel Celeron / Pentium III 32 yang kapasitasnya 733 MHz, RAM berkapasitas 64MB DDR SDRAM berchannel 2. Sedangkan untuk VGAnya sendiri Xbox ini sudah menggunakan API DirectX 8 Microsoft. Hebatnya lagi konsol ini menjadi sebuah inspirasi dari penggunaan HDD built-in yang sekarang ini ukurannya 32 GB. Xbox ini penjualannya mencapai 24 juta unit.

4. Xbox One


Sumber : microsoft.com

Setelah menciptakan Xbox, selang dua tahun Microsoft menciptakan generasi selanjutnya dari konsol game tersebut yang diberi nama Xbox One. Lebih canggih dari versi sebelumnya, Xbox One ini menggunakan prosesor quad-core dengan kecepatan akses mencapai 1.75GHz. Prosesor ini sudah dipadukan dengan VGA Radeon 7000 dan RAM berkapasitas 8GB DDR3. Para pembeli banyak yang mengincar seri ini dari segi fiturnya. Konsol game yang memiliki perangkat untuk merekam dan melakukan aktivitas streaming ini terjual sebanyak 26 juta unit.

5. Atari 2600


Sumber : funstockretro.co.uk

Meskipun dibuat pada tahun 1977, tetapi konsol game ini terjual sebanyak 30 juta unit lho. Konsol game tertua ini mampu menarik banyak perhatian dari para gamers pada masanya. Menggunakan teknologi CMOS 8-bit 6507 CPU berkekuatan 1.19MHz yang dipadukan dengan RAM berkapasitas 128 byte, Atari menjadi konsol lumayan canggih pada saat itu.

Baca Juga :Spesifikasi dan Harga LG X6

6. Sega Genesis


Sumber : pcmag.com

Punya penjualan yang cukup fantastis, Sega Genesis merupakan konsol yang berasal dari Jepang. Hal ini dikarenakan konsol game tersebut mampu memainkan lebih dari 900 seri game yang salah satunya adalah Sonic The Hedgehog yang viral pada waktu itu. Pada tahun 1989 Sega Genesis hadir pertama kali dengan desain yang namanya Mega Driver. Prosesor yang ada di dalam Sega Genesis ini adalah Motorola 68000 yang dikombinasikan sama chip ZIlog Z80 dan konsol ini terjual sebanyak 30,7 juta unit.

7. Nintendo 64 (N64)


Sumber : kaskus.co.id

Masih dari negeri sakura, Nintendo ini diperkenalkan pada 23 Juni 1996. Nintendo 64 ini menjadi konsol yang lebih unggul dari para pesaingnya kala itu karena persaingannya sangat keras. Namanya diambil dari prosesor 64-bit yang dipakainya. Sedangkan untuk CPU Nintendo menggunakan VR 4300 NEC dengan angka kecepatan akses mencapai 93.75MHz. Pemain mampu melipatgandakan memori dari Nintendo ini dengan expansion pack berkat adanya Rambus RDRAM. VGA yang dipakai konsol game ini adalah Reality Co-processor SGI sehingga mampu menghasilkan 16,8 juta warna dengan resolusi 640x480p. Produk ini terjual sebanyak 32,9 juta unit.

Nah, itulah 7 konsol game yang pernah jaya pada masanya sebelum game mobile menyerang. Memiliki salah satu konsol game ini merupakan sebuah kebanggan. Meskipun jadul tapi seru saat bermain menggunakan konsol ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *