5 Makanan khas Semarang yang paling hits saat ini, simak!

By | May 2, 2021

Membahas soal kota yang satu ini memang menjadi suatu hal yang selalu menyenangkan, ya Semarang. Kota Semarang merupakan kota yang sekaligus ibu kota dari provinsi Jawa Tengah, maka dari itu kota Semarang merupakan salah satu kota yang sangat terkenal di Indonesia. Semarang juga merupakan kota yang terkenal dengan tempat wisata indah dan kulinernya yang khas. Tak heran banyak sekali orang yang memilih untuk menghabiskan waktu liburannya ke kota Semarang, nah kali ini kami akan memberikan informasi menarik seputar kuliner khas Semarang yang paling hits saat ini yang bisa anda jadikan sebagai menu buka puasa anda. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

1.Tahu Gimbal

Maknan khas Semarang yang pertama adalah Tahu Gimbal, dari namanya saja makanan ini cukup memiliki nama yang unik sekaligus menarik. Benar saja, nyatanya makanan ini merupakan salah satu makanan yang paling banyak dicari oleh wisatawan luar daerah Semarang. Untuk bahan makanan dari tahu gimbal sendiri yaitu terdiri dari tahu goreng, irisan kol mentah, tauge, telur dan udang. Selain dari pada itu, makanan ini dihidangkan bersama kuah segar yang dibuat dari bumbu kacang, cabai, dan petis udang. Wah-wah kedengarannya makanan ini bisa menjadi tujuan kuliner kalian jika berkunjung ke kota Semarang.

2.Babat Gongso

Selanjutnya ada Babat Gongso yang tak kalah terkenal dari makanan sebelumnya, bahkan makanan ini adalah salah satu makanan legendaris yang dimiliki oleh kota Semarang. Hal itu bukan tidak memiliki alasan, melainkan makanan ini sudah ada sejak dahulu dan resepnya yang tetap terjaga turun temurun. Babat gongso sendiri adalah makanan yang terbuat dari jeroan sapi berupa babat yang diolah, lalu disajikan dengan menggunakan tambahan kuah manis pedas yang sangat menggugah selera kalian. Belum sampai disitu, babt gongso adalah salah satu makanan yang cara pengolahan cuku khas, yaitu dimasak dengan menggunakan tungku agar menghasilkan aroma yang khas.

3.Lumpia

Kalau makanan yang satu ini sih kalian pasti sudah mengetahuinya bukan? Ya, lumpia khas Semarang juga masuk ke dalam kategori makanan tradisional yang legendaries. Makanan ini sudah tersebar luas di hampir seluruh daerah di Indonesia. Hal itu bukan tidak memiliki alasan, melainkan lumpia memiliki rasa yang lezat. Lumpia sendiri dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung yang dibentuk seperti lembaran, lalu digulung dan diberi berbagai isian. Untuk isi dari lumpia Semarang yaitu berii daging, udang, dan rebung. Makanan ini biasanya disajikan dengan menggunakan saus pedas atau manis.

4.Bandeng Presto

Selanjutnya ada bandeng presto yang juga tidak kalah terkenal dari makanan-makanan sebelumnya. Makanan ini sudah sangat lama disantap oleh rakyat Semarang, maka dari itu makanan ini sudah tidak asing didengar. Soal rasa sudah tidak perlu diragukan, sebab makanan ini memiliki nama yang sesuai dengan cara memasaknya yaitu dipresto, sehingga tulang atau duri dari ikan sudah menjadi lunak ketika dimakan. Bumbu dari bandeng sendiri terdiri daru bawang putih, garam, dan kunyit.

5.Soto Semarang

Makanan terakhir yang akan kami bahas adalah soto Semarang, soto ini terkenal dengan kaldunya yang lezat dengan warna bening kekuningan lalu dipadukan dengan santan. Makanan ini biasanya disajikan dengan semangkuk nasi soto, mie beras, irisan ayam dan kerupuk kerak. Soal rasa sudah tidak perlu diragukan lagi, karena soto Semarang adalah makanan yang paling banyak dicari oleh wisatawan.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar kuliner khas semarang, semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *