Fortune, Majalah Bisnis Terbesar di Dunia Memasuki Media Indonesia

By | September 24, 2021

Untuk kalangan pebisnis dan pengusaha, nama Fortune Indonesia tentu sudah tak lagi asing di telinga, sebab majalah bisnis satu ini sudah terkenal karena sering menerbitkan peringkat perusahaan-perusahan berdasarkan laba yang diraup setiap setahun sekali. Didirikan oleh Henry Luce pada tahun 1930, majalah yang terbit setiap dua minggu sekali ini ternyata memiliki beberapa fakta menarik yang layak dikulik berikut ini.

  1. Tergabung ke dalam Time Warner

Sebagai majalah bisnis kelas dunia, Fortune tergabung ke dalam sebuah bisnis penerbitan besar bernama Time Warner yang mengelola majalah-majalah ternama seperti Time, Life, dan Sports Illustrated. Namun pada tahun 2000, saat Time Warner menjadi salah satu konglomerat bidang media di dunia, grup ini diambil alih oleh American Online dan membuat Aol makin berkembang pesat.

  1. Memiliki dua pesaing abadi

Layaknya segala sesuatu yang terkenal dan pasti memiliki pesaing tangguh, begitu juga majalah Fortune yang dikenal memiliki dua pesaing yang sama-sama terbit setiap dua minggu sekali yaitu Forbes dan Bussines Week. Forbes sendiri mulai berkembang saat dikelola oleh putra kedua pendirinya, Michael Stevenson Forbes, sementara Bussines Week merupakan majalah bisnis yang diterbitkan Bloomberg L.P setelah mengambil alihnya dari Mc Graw-Hill pada tahun 2009 tepatnya bulan Desember.

  1. Memiliki rumah daring

Seperti yang telah disebutkan, majalah Fortune terkenal luas di dunia karena penyelenggaraan peringkat-peringkat perusahaan yang dilakukan setiap setahun sekali dan saat ini, Fortune memiliki dua rumah daring yang tentu saja bisa Anda akses yaitu Money dan CNNMoney.com.

  1. Masuk kembali ke pasar media Indonesia

Fortune telah memasuki pasar media Indonesia pertama kali pada tahun 2010 dan ditempitkan oleh konglomerat media terkenal Indonesia pula, Kompas Gramedia, yang mana pada tahun 2011 menggelar acara penghargaan 20 perusahaan terbaik versi Fortune Indonesia. Namun sepertinya kerjasama tersebut tidak bertahan lama dan baru-baru ini kembali dirilis oleh media Indonesia yaitu IDN media tepatnya pada kuartal ketiga tahun 2021.

  1. IDN media untuk generasi muda

IDN media menerbitkan edisi perdana Fortune Indonesia pada tanggal 12 Agustus tahun 2021 di mana yang diketahui banyak orang, IDN media sendiri termasuk media platform dengan sasaran dan target market adalah generasi muda bangsa kita, tepatnya generasi Z dan generasi milenial tanah air.

  1. Edisi pertama Fortune Indonesia 2021

Edisi perdana majalah Fortune yang telah lama ditunggu-tunggu ternyata dirilis pada tanggal 12 Agustus 2021 dan mengangkat kisah-kisah inspiratif dunia bisnis yang menarik untuk diikuti. Salah satunya adalah kisah inspiratif bergabungnya super mega merger dua perusahaan yang diidentikkan dengan unicorn Indonesia, Gojek dan Tokopedia dan saat ini dikenal dengan nama GoTo.

  1. Kisah inspiratif lainnya di dunia bisnis

Selain kisah bergabungnya dua unicorn, Fortune perdana juga membahas kisah-kisah inspiratif di masa pandemi lainnya yang diharapkan bisa jadi motivasi bagi para pembaca seperti pembahasan tentang bagaimana Unilever melakukan strategi peningkatan market share, hadirnya teknologi 5G segera di tengah-tengah kita hingga perkembangan digital banking yang menggembirakan.

  1. Semoga sukses dan terus jaya, Fortune Indonesia!

Hadirnya edisi perdana Fortune Indonesia semoga selalu diikuti edisi-edisi berikutnya demi mencerahkan dunia bisnis dan usaha negeri kita tercinta ini. Semoga sukses dan terus eksis, ya.

Itulah tadi beberapa fakta menarik singkat mengenai majalah bisnis besar dunia, Fortune, yang saat ini telah meluncurkan edisi pertama Fortune Indonesia yang dipegang oleh IDN Media dan semoga saja, media platform keren khusus milenial ini bisa semakin mengembangkan dan menumbuhkan semangat pengusaha muda untuk bersaing sehat di kancah bisnis internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *