Pemanfaatan Internet Of Things Untuk Berbagai Keperluan

By | September 26, 2021

Istilah IoT atau Internet of things beberapa waktu belakangan ini cukup banyak dibicarakan berbagai kalangan. Akan tetapi tak sedikit diantara kita yang belum paham betul apa itu Internet of Things dan bagaimana penggunaannya serta apa manfaat yang bisa didapat dari IoT ini. Nah di artikel singkat ini sedikit akan saya bahas hal hal yang terkait dengan IoT ini.

Apa itu IoT

IoT atau internet of things merupakan sebuah konsep program yang memungkinkan sebuah objek mengirimkan data melalui suatu jaringan tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer atau manusia. IoT ini sering dikaitkan dengan penggunaan artificial intelligence, sensor, perangkat perangkat dengan ukuran kecil serta konektivitas antar jaringan.

Penggunaan IoT

IoT merupakan sebuah teknologi yang bisa diterapkan di berbagai bidang. Mulai di bidang kesehatan, transportasi, energi, lingkungan bisa memanfaatkan IoT ini. Sebagai contoh untuk bidang kesehatan pemanfaatan IoT ini bisa dipakai untuk pengembangan alat medis yang lebih efektif, efisien serta mengurangi resiko terjadinya kesalahan. Salah satu contohnya adalah penerapan IoT pada alat alat cek tubuh baik itu cek detak jantung, cek gula darah maupun yang lainnya. Sedangkan untuk bidang transportasi penggunaan IoT bisa dipakai untuk mengontrol berbagai sistem lalu lintas yang ada sehingga bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Manfaat Penggunaan IoT

Cukup banyak benefit yang bisa didapatkan dari penerapan teknologi IoT ini.  Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan produktivitas, dengan adanya IoT berbagai proses produksi bisa diotomatisasi sehingga mampu mengoptimalkan kapasitas produksi dengan sebaik mungkin.
  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi suatu pekerjaan
  • Mengurangi terjadinya error atau kesalahan yang terjadi karena kelalaian manusia
  • Membuka peluang bisnis baru.

Nah setelah kita tahu tentang IoT beserta manfaat manfaat yang dimilikinya kemudian kita berencana untuk mengimplementasikan IoT ini ke bidang pekerjaan yang biasa kita lakukan maka salah satu langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah mencari vendor IoT. Dengan memilih vendor IoT yang tepat maka berbagai benefit dari pemanfaatan IoT ini bisa kita dapat.

Dan salah satu contoh vendor IoT yang cukup direkomendasikan adalah Telkomiot. Melihat dari namanya kita mungkin sudah tahu jika vendor IoT yang satu ini adalah bagian dari telkom. Dan mengingat telkom adalah salah satu pemain utama di bidang teknologi komunikasi di Indonesia tentunya teknologi IoT yang mereka disediakan ini juga patut untuk diperhitungkan.

Telkom IoT sendiri bisa mengaplikasikan IoT untuk berbagai keperluan mulai dari pendeteksian pencemaran udara (air pollution monitoring), otomatisasi bandara, fire smoke detector, shipment monitoring, smart electricity dan lain sebagainya.

Dan jika dilihat dari klien yang pernah menggunakan layanan mereka juga cukup beragam. Mulai dari kimia farma yang menggunakan IoT untuk smart manufacturing agar proses produksi bisa lebih efisien dan efektif  dengan cara monitoring aspek aspek yang ada pada proses produksi seperti monitoring daya listrik yang dipakai, monitoring sensor gas, monitoring water purifying dan lain lain. Atau pemerintah provinsi Papua yang menggunakan IoT dari vendor Telkomiot ini untuk diimplementasikan pada PJU ( penerangang jalan umum) sehingga menghasilkan smart PJU di Jayapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *