Resep Dan Cara Membuat Kolak Biji Salak Yang Enak Dan Sehat

By | May 9, 2021

Tidak terasa ya kita sudah memasuki pertengahan bulan Ramadhan. Dalam beberapa hari ini kamu pasti disibukkan dengan memilih menu makanan yang enak dan sehat untuk berbuka puasa.

“Berbukalah dengan yang manis”, kalimat itu tentu sering kamu dengar dan dilontarkan orang orang saat berbuka puasa. Terdapat banyak sekali menu takjil untuk berbuka puasa yang menggugah selera selama bulan Ramadhan.

Kolak adalah salah satu kudapan yang kerap dijadikan takjil untuk berbuka puasa. Tidak harus selalu pisang atau ubi, namun kamu bisa mencoba kolak dengan isian biji salak. Kudapan manis ini mirip bulatan candil, namun terbuat dari ubi tumbuk. Rasanya yang enak, manis, dan kenyal dijamin akan membuat kamu melayang.

Berikut resep kolak biji salak yang enak dan sehat untuk menu buka puasa :

  1. Bahan Bahan Yang Dibutuhkan

Bahan Utama :

    • Ubi orange 250 gram
    • Gula merah 100 gram, sisir
    • Tepung sagu 75 gram
    • Tepung sagu 3 sdm, larutkan
    • Gula halus 2 sdm
    • Air 1 liter
    • Garam secukupnya

Bahan Kuah Santan :

    • Santan kental 200 ml
    • Daun pandan 2 lembar
    • Garam secukupnya
  1. Rebus Dan Haluskan Ubi Hingga Lembut

Kupas ubi lalu cuci hingga bersih, dan tiriskan. Potong-potong ubi menjadi beberapa bagian kecil. Setelah itu, didihkan air dalam panci lalu rebus potongan ubi hingga benar benar empuk. Jika sudah empuk, keluarkan ubi dan langsung haluskan dengan bantuan garpu atau masher. Sisihkan.

  1. Buatlah Kuah Santan Terlebih Dahulu

Siapkan panci diatas kompor, kemudian tuangkan santan kental, daun pandan, dan garam. Rebus semua bahan tadi hingga matang dan mendidih airnya. Diaduk sesekali tanpa membuat santannya pecah, kemudian matikan apinya. Sisihkan kuah santan.

  1. Campur Ubi Halus Dengan Bahan Lainnya

Masukkan tepung sagu, gula, dan garam kedalam ubi yang telah dihaluskan. Kemudian aduk merata dan uleni hingga menjadi berbentuk bulat. Bentuk adonan menjadi bulat bulat sebesar ukuran biji salak.

Didihkan air didalam panci hingga mendidih. Kemudian, tambahkan gula merah dan daun pandan, masak hingga gulanya larut bersama air. Saring hingga tidak ada bagian yang menggumpal.

  1. Sajikan Biji Salak Dengan Kuah Santan

Jika sudah mendidih, tinggal masukkan bulatan-bulatan biji salak kedalam air rebusan tadi. Kemudian aduk sesekali hingga tercampur rata. Jika bulatan biji salaknya sudah mengapung itu berarti sudah matang, segera kecilkan apinya.

Setelah itu, tuangkan larutan tepung sagu lalu masak kembali hingga meletup-letup. Kini, kamu bisa sajikan kolak bijik salak bersama santan yang sudah jadi.

Kolak biji salak sudah siap membantu mengembalikan energi kamu setelah seharian berpuasa. Kudapan manis dan tentunya membuat kenyang. Kolak biji salak ternyata tidak hanya mudah dibuat dan mengenyangkan saja, namun juga banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Salah satu manfaat dari mengonsumsi kolak biji salak saat berbuka puasa adalah dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Kandungan gula merah dan santan dalam kolak biji salak sangat berperan dalam membantu menjaga kesehatan. Meski kerap diasosiasikan dengan penyakit kolesterol tinggi, namun santan sebenarnya tidak mengandung kolesterol karena berasal dari tanaman. Pada kelapa terutama bagian dagingnya terdapat zat yang disebut lauric acid yang akan dikonversi kedalam bentuk monolaurin, yaitu suatu senyawa antiviral dan antibacterial sehingga berfungsi untuk membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit yang diakibatkan virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *